Saturday, June 27, 2015

Mengatasi Fuel Pump/Rotak Motor CB150R Yang Rusak Karena Air Hujan

Mungkin Kalian mengetahui bahwa permasalahan Fuel Pump/Rotak Motor CB150R Yang Rusak sudah tidak asing lagi diketahui para Bikers khusunya pemilik Sepeda Motor Honda CB150R keluaran tahun pertama, adapun kendala yang sering terjadi pada sepeda motor ini yakni tidak berfungsinya Fuel Pump/Rotak Motor CB150R dikarenakan masuknya Hujan dari lubang ventilasi Tutup Tangki yang mana Lubang Ventilasi Udara tersebut berada di depan,...
Oleh karena masuknya air Hujan tersebut menyebabkan soket pada Fuel Pump/Rotak Motor CB150R menjadi berkarat dan terlepas dari Soket bawah, disini saya akan memberi tahu cara mengatasi kerusakan tersebut, lanjut ke Persiapan Adapun alat yang di butuhkan yakni :
1. Solder
2. Plastik Steel
3. Obeng Min
4. Kawat Timah
5. Kunci T ukuran 10 untuk membuka Tangki
6. Kunci L untuk Membuka Bodi
7. Kabel Kecil (yang biasa di gunakan di Mobil)
8. Kompresor untuk membersihkan Filter Minyak di bawah Tangki
9. Tester

adapun langkah kerja yang harus di lakukan yakni :
1. Lepaskan Bodi samping Tangki sepeda Motor Honda CB150R
2. Selanjutnya Lepaskan Soket Fuel Pump/Rotak Motor CB150R serta selang bensin yang menuju Injektor terletak di bawah tangki
3. Lepaskan Fuel Pump/Rotak Motor CB150R menggunakan Kunci T ukuran 10 dengan melepaskan mur, Lepaskan 4 buah Soket yang menyambungkan Pelampung dan Dinamo yang berada di dalam Fuel Pump/rotak dan pisahkan bagian atas dan bagian bawah Fuel Pump menggunakan Obeng
5. Kemudian pada bagian yang rusak yakni soket Fuel Pump bagian bawah dimana dudukan soketnya sudah terlepas dengan soket kabel, coak/solder plastik Fuel Pump sampai Soketnya terlihat (merusak bagian bawah Fuel Pump) dan setelah soket terlihat satukan dengan kabel - kabel konektor dengan mensolder dengan Timah.
6. Sebelum mensolder/menggabungkan kabel dengan soket yang sudah kita buang palstik, terster terlebih dahulu bagian soket bawah/luar Fuel Pump apakah sudah Konek atau Belum, jika sudah Konek maka dapat kita Solder Soket dengan Kabel tersebut.
7. jika sudah terpasang dengan Solder timah antara Soket dan Kabel tersebut (sudah Konek Semuanya antara 4 buah Kabel tersebut) maka bagian yang sudah kita Coak tadi, Pasang Plastik Steel di bagian yang sudah kita coak dan sambungan Soket kabel tadi secara Rapih.
8. Setelah itu bersihkan Dinamo/Motor yang terdapat di dalam Fuel Pump dengan cara mengisi sedikit Bensin lalu kita Kocok dan semprot bagian Lubang menggunakan Kompresor.
9. Jika Plastik Stell sudah Kering lalu pasang kembali bagian Full Pump Bawah dan atas, jangan lupa Dinamo/Motor yang sudah dibersihkan untuk di pasang kembali.
10. Semprot Filter Minyak yang menghubungkan Selang Minyak masuk / keluar dengan cara menuangkan sedikit bensin di dalamnya lalu semprot menggunakan Kompresor.
11. Pasang kembali Fuel Pump/Rotax pada tangki bagian bawah menggunakan Kunci T (jangan Lupa besihkan tangki minyaknya ya bro sebelum di pasang Fuel Pump)
12. sesudah itu pasang soket tersebih dahulu namun selang Minyak jangan di pasang dikarenakaan kita akan mengetes Full Pump apakan sudah bekerja dengan baik atau Belum dengan cara menghidupkan kunci kontak secara berulang kali maka akan terlihat Bensin keluar dari selang yang belum kita gabungkan ke injeksi.
13. apabila bensin sudah keluar dari selang maka pasanglah selang tersebut ke ijektor
14. terakhir rapihkan pasangan bodi dan tangki.

Cukup sekian, ini pengalaman ane pribadi, harga Fuel Pump/Rotak lumayan Bro nyampe Rp. 450 ribu Bro, lebih baik memperbaiki dulu dari pada beli, uangnya lumayan, hehehe..

  NI GAMBAR UDA JADINYA,,!!!!!

77 comments:

  1. Ada efek samping atau perawatan khusus ga stelahnya?

    Nice info ni gan (y) smoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya cuma harus rajin gan, 2 bulan sekali rajin nguras tanki, kuras sendiri ja gan cuma pake kunci T10 ja beres, ,

      Delete
  2. Ada yg bisa perbaiki fuel pump.cbr 250, soalnya patah di.selang bensin fuel pumnyan kudu.ngakalin. kalo.ada yg bisa.pls.info

    ReplyDelete
  3. Posting gambar yg patahnya coba, sapa tau ada yg bisa ntr

    ReplyDelete
  4. Mekanik ahass pun menyarankan 2 bln sekali untuk di kuras, Info yg bermanfaat gan.

    ReplyDelete
  5. Bisa kasih masukan gak gan,klw fuelpump waktu kunci kontak di on bunyi terus gak berhenti2 pa emang minta ganti pa masih bisa diakalin saya pake seri all new cb150r gan sebelumnya trims...

    ReplyDelete
  6. Setelah on, di starter mau gk gan,! terus motor hidup normal apa tenaganya agak brebet, ,

    ReplyDelete
  7. Distarter normal,tenaga normal juga tapi saya kurang sreg dgn kondisi motor yang gak normal seperti awal belinya apa bisa mengganggu sistem pengapian gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl kurang yakin ama pengapiannya gan, cek ECU nya di dealer, kl berubah pengapiannya kn ketauan di alat pengeceknya, biasanya sih kl uda susah ecu nya di + 1 s/d + 2 gan, cuma saran ane onderdil bawa'an asli pertama kendaraan itu yang paling bagus skalipun kita beli ori tetep yang pertama yang bagus gan, kl uda gantian jg biasanya masih ada cacatnya, ,

      Delete
  8. mantap gan ane udah pusing mana lagi boke motor pump nya mati .taya bengkel ini itu bilang nya harus di ganti taya harga skitar 600rbu pasang aduh udah bingung aja kepala mana kemarin baru benerin mahnit spul yang ancur habis 1jta'n alh
    mdullilah berkat baca blog di atas saya coba cara nya . yeee alhmdullilah modal 70rbu motor nya lagi... tenk's agan harry atas ilmu nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah kl uda bener gan, rajin2 ja kurang tuh tangki min 2 bulan skali, cuma kl musim hujan harus rajin lg gan,,

      Delete
  9. Klo fuel pump jupiter z1 sya bilang org bengkel sdh lemah.. Mmg motor brebet terkadang ndut"an jlannya.. Harus dbersihkan atau ganti fuel pump gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl mau masuk dealer minta cek dulu kelistrikannya, terutama ECU nya gan, cek bener2 kelistrikannya, sapa tau di naikin arusnya yang ke injeksi uda gk berbet lg, terus kl urusan bongkar bawa ke bengkel biasa aja gan, soalnya dealer gk mau gan ngotak ngatik/bongkar, abis itu minta bersihin, bersihin injeksi pake carbu cleaner terutama bagian injektornya, terus untuk fuel pump cek dulu dinamo bag dalemnya, bunyi dengung dinamonya msh bagus apa gk, terus filter bensin di bersihin jg gan, coba dulu itu ya, insya Allah normal, ,

      Delete
  10. Mas bro, bole minta bantuan, saya sudah sangat frustasi nih, ninja mono saya gak mau hidup, stlah dibawa ke dealer, diperbaikin, bayar lgsg nyala, selang 2 hari mati lagi, saya coba bawa lagi katanya jgn smpe abis bensin soalnya kotornya naik, pas balik utk ke2 kalinya saya lgsg isi full, selama ini saya isi pertamax sih, 2 hari brktnya mati lagi, saya minta tlg minta solusinya bro. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran ini bro,coba bawa ke bengkel biasa aja dulu cuma yang uda ahli utak atik motor gede /injeksi, jngn dulu ke deler soalnya kl di deler skali rusak gk mau di akalin dlu bro, pasti lgsg di ganti onderdil baru,,
      Sepengetahuan gw bro, intinya kl injeksi skali kita idupin kontak pasti rotaknya bunyi nging, kl gk bunyi brati ada yang eror, bisa dari aki, ecu/kelistrikan sama rotak itu sendiri yang mana di dalem rotak kn ada dinamonya, cuma kl uda bunyi nging tuh rotak/fuel pumpnya brati normal, tapi kl uda bunyi nging rotaknya trus gk idup, coba filter minyak sama injektor di bersihin dlu bro, mungkin kotor dari situ, motor injeksi itu simpel bro, cuma fatal kl salah ruwatan dari kitanya, bersihin injektornya injeksinya pake carbu cleaner ja, insya allah idup tuh motor, amin, ,

      Delete
    2. Mas bro,gimana sudah bisa apa belum,soal nya saya ngalamin hal yg sama ni
      Lg dicek deler kawasaki nya

      Delete
  11. Mas bro, bole minta bantuan, saya sudah sangat frustasi nih, ninja mono saya gak mau hidup, stlah dibawa ke dealer, diperbaikin, bayar lgsg nyala, selang 2 hari mati lagi, saya coba bawa lagi katanya jgn smpe abis bensin soalnya kotornya naik, pas balik utk ke2 kalinya saya lgsg isi full, selama ini saya isi pertamax sih, 2 hari brktnya mati lagi, saya minta tlg minta solusinya bro. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  12. Tanya gan, saya pake CB150R keluaran pertama, klo mesin tiba2x mati pengapian hilang, udah di check masalah kelistrikan normal kira2x apa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek cdi nya dulu gan, bisa jadi dari kontak nya juga, ,

      Delete
  13. Maaf gan, klo beli pump cb150r dimana? Krn sdh dicoba cara diatas masih belum bisa ga? Mhn infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasinya dimana, kl di jakarta invit ja pin ini 544A1460, lokasinya di jakarta, ,

      Delete
    2. Klo Fuelpump CB150R Garansi 5 Tahun atau 50.000,- KM mana yg lebih dulu tercapai, yang saya tahu.

      Delete
  14. Sy di kebon manggis 2, matraman jakarta timur

    ReplyDelete
  15. Kebon manggis 2,matraman jakarta timur... ada no yg bis dihubungi gan?

    ReplyDelete
  16. Maaf ni mau tanya, knapa pas kunci kntak on, si pompa ga berdengung, dan pas kunci kontak on ada suara "trek" di bagian depan,atas radiator, kaya relay tapi kecil warna putih, 2 berdampingan, apanya yg rusak yah? Motor cb old saya ga bsa hidup, :(
    Terima kasih

    ReplyDelete
  17. maav, saya mau tanya full pump cb150r apa bisa d akalin kalo rusak ??? kebetulan saya juga pakek motor cb150r tapi motor saya brebet ... saya coba pinjem tangky motor teman yg sama beserta full pump nya . alhasil motor saya normal

    full pump kalo rusak apa motor masih bisa menyala ??? mohon infonya

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. saya belum tau kabel merah dari fuelpump itu putus jalurnya kemana yaa ???

    ReplyDelete
  20. Gan
    Nanya dong kalo kalo pompa besinnya rusak bisa di akalin juga ga,soalnya perjalan kerumah luamayan jauh,dan kodisinya pas ke dialer di suruh ganti pompa bensinya tapi malah sparepartnya ga ada saya bingung ni pulang perjalannya masih jauh sekitar 3 j 4 mnt....solusinya gimana gan

    ReplyDelete
  21. Gan
    Nanya dong kalo kalo pompa besinnya rusak bisa di akalin juga ga,soalnya perjalan kerumah luamayan jauh,dan kodisinya pas ke dialer di suruh ganti pompa bensinya tapi malah sparepartnya ga ada saya bingung ni pulang perjalannya masih jauh sekitar 3 j 4 mnt....solusinya gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibongkar dulu itu gan, bisa jadi dinamo didalem fuel pumpnya yg rusak, ya terpaksa di ganti, o iya infonya kanibalan dinamo fuel pump cb150r sama dengan dinamo fuel pump beat yang injeksi, coba di kanibalin aja gan, tp gw blm pernah nyoba, ,

      Delete
  22. Gan kalau ciri2 rusaknya dinamo itu gimana ,dan ciri2 rusak fuel pump nya giman , minta tolong ya gan , biar tidak di bodohin mekanik yang nakal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori baru update, coba bawa ke dealer aja dlu trus minta cekin tekanan/tendangan minyaknya bro, ntr kn keliatan normal apa rusak tuh dinamo rotaknya,

      Delete
  23. Gan kalau ciri2 rusaknya dinamo itu gimana ,dan ciri2 rusak fuel pump nya giman , minta tolong ya gan , biar tidak di bodohin mekanik yang nakal

    ReplyDelete
  24. Boleh minta tolong dimodif gan atau agan bisa referensi modif fuel pump tersebut ke bengkel mana

    ReplyDelete
  25. Boleh minta tolong dimodif gan atau agan bisa referensi modif fuel pump tersebut ke bengkel mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk referensi ane kurang ngerti dimana, itu jg ane bongkar bongkar sendiri rotaknya intinya fuel pump itu jangan sampe telat minyaknya,,

      Delete
    2. Mas bro mtor cb 150 ane gk bsa di hidupin.. Saat di On pullpumnya gk bunyi ngiing. Udah cba ane kuras tangki+bersihin pullpumnya tp blm bsa juga. Apa ada kabel2 lain yg hrus di cek. Mhon solusinya... Mksih

      Delete
  26. Gan tanya, CB 150R saya ,kalo setiap dikontak, bunyi nging nya, agak lemah,..itu knapa ya??

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya. Dmna ada jual dinamo atau rotak fuel pump cbr 150 Thailand.

    ReplyDelete
  29. Bro bisa minta tolong arahannya..cbr 250 pas kontakx d nyalain g ada bunyi nging itu masalahnya dari mana yah? Sering banget mtrq g mau nyala klo g ada bunyi nging itu.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Mas bro mohon bantuannya. Cb150r old saya ada masalah di bagian pompanya juga. Pompa masih hidup, sering tersendat sendat kalo di gas dlm posisi netral. Di ukur d ahass tekanannya katanya kurang. Yg harusnya 300 cuman dpt 200. Kira kira masalahnya dimana trus minta solusinya dong mas bro. Makasi bnyk..

    ReplyDelete
  32. Mas bro cb150r saya kalo sudah panas suka mati...n kalo mau di nyalakan lagi suka susah kendala nya dari apa ya mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bro kalo cb150 keluhan gtu..ngatasinya gmna??

      Delete
  33. Mas bro cb150r saya kalo sudah panas suka mati...n kalo mau di nyalakan lagi suka susah kendala nya dari apa ya mas bro

    ReplyDelete
  34. Maaf gan,,tolng dong kasih solusi,,,
    Motor ane klo lagi di bawa kenceng trs kopling ane teken bunyi gemertak pada rante trus klo jaln dlm ke adaan macet berasa ndut''an,,,,itu knp y gan

    ReplyDelete
  35. Maaf gan,,tolng dong kasih solusi,,,
    Motor ane klo lagi di bawa kenceng trs kopling ane teken bunyi gemertak pada rante trus klo jaln dlm ke adaan macet berasa ndut''an,,,,itu knp y gan

    ReplyDelete
  36. Maaf gan,,tolng dong kasih solusi,,,
    Motor ane klo lagi di bawa kenceng trs kopling ane teken bunyi gemertak pada rante trus klo jaln dlm ke adaan macet berasa ndut''an,,,,itu knp y gan

    ReplyDelete
  37. Ganti Fuel PUMP baru mas bro, ane udah ngalamin motor d jamin mogok klo ngk ganti fuelpump baru

    ReplyDelete
  38. bro mau nanya sya pke cb150 indikator bensin tidak mau naik pdahal sudah sya isi 50rbu masih 1strip aja ..agan bisa bntu btulin gk ane Jakarta pusat

    ReplyDelete
  39. Yamaha vixion 3 tahun aman ga ada keluhan banjir kaya jakarta om

    ReplyDelete
  40. Masbro..semuany boleh minta bantuanny yg area purwodadi godong.yg bisa benerin full pompa cb 150 r.punyaku rusak g bisa jalan nih.mohon bantuany

    ReplyDelete
  41. Ni kontakku..mohon bantuanya yg bisa benerin pumpa cb.150 r.087832456940.mohon bantuanny

    ReplyDelete
  42. Ni kontakku..mohon bantuanya yg bisa benerin pumpa cb.150 r.087832456940.mohon bantuanny

    ReplyDelete
  43. Masbro..semuany boleh minta bantuanny yg area purwodadi godong.yg bisa benerin full pompa cb 150 r.punyaku rusak g bisa jalan nih.mohon bantuany

    ReplyDelete
  44. Saya punya Mio j mas . Sudah 2x ganti fuelpump . Bahkan kaanibalin fuelpump temen ane sndiri . Saya heran . Ketika kontak di on memang ngucur bensin dari selang . Galama kemudian dicoba nyalain lagi . Malah gabunyi dinamonya mas :( . Itu masalahnya dimana ya. Soalnya motor semata wayang :'(

    ReplyDelete
  45. Saya punya Mio j mas . Sudah 2x ganti fuelpump . Bahkan kaanibalin fuelpump temen ane sndiri . Saya heran . Ketika kontak di on memang ngucur bensin dari selang . Galama kemudian dicoba nyalain lagi . Malah gabunyi dinamonya mas :( . Itu masalahnya dimana ya. Soalnya motor semata wayang :'(

    ReplyDelete
  46. Gan mohon review dong gan cara kanibal dinamo fuel pumnya dong :)

    ReplyDelete
  47. Kenapa saat rpm tinggi motor cb 150r 2014 saya ada suara berisik cring cring d bawah tangki..soluainya dong.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya juga mas kayak gitu. Sudah dibawa ke bengkel tapu banyak yang gak tau penyebabnya

      Delete
  48. Mas minta bantuannya dongg, motor ane cb150r Brebed terus kuras Tank sudah Busi baru masih brebed,

    ReplyDelete
  49. Mas minta bantuannya dongg, motor ane cb150r Brebed terus kuras Tank sudah Busi baru masih brebed,

    ReplyDelete
  50. Mas minta bantuannya, motor saya cb150 2015 tiba tiba mati sendiri posisi memang aki habis tapi biasanya bisa di engkol dan lancar cuma gak bisa stater. Tiba tiba di perjalanan motor mati sendiri saya coba engkol beberapa kali ada tembakan di knalpot. Coba ganti busi tapi tetep motor gak nyala , pas di hidupkan kontak nya ada bunyi nging seperti biasa tapi tidak bisa hidup dan di coba beberapa kali engkol suara tembakan dari kenalpot tetep ada. Mohon bantuan nya para suhu suhu

    ReplyDelete
  51. Mas mau tanya dan bantuan y..motor sayh cb150r.ngga mau hidup2 pasa di buka busi y banjir banyak bensin.itu apa full pam y rusak atau injektor y yg rusak..mohon bantuan y mas..

    ReplyDelete
  52. Mas mau tanya dan bantuan y..motor sayh cb150r.ngga mau hidup2 pasa di buka busi y banjir banyak bensin.itu apa full pam y rusak atau injektor y yg rusak..mohon bantuan y mas..

    ReplyDelete
  53. Asallamualaikum gan, mhon bantuan, motor old cb 150 r sya kontak posisi off tapi bensinnya keluar terus dari selang yang mau ke injektor., ini gmana gan cara benarinnya, atau ada yang perlu diganti?.

    ReplyDelete
  54. Mas maaf ada yg punya video disaat fuel pomp cb 150r di on dong
    Pngen liat mancurNya bensin seberapa
    Maaf soalnya gak punya alat pngukur tegangan fuel pomp
    Makasih

    ReplyDelete
  55. Maaf gan., fuel pomp cb150r 2014 sama cb150r led., apakah sama gan., coalx aq beli gak mancur bensinx tapi fuel pompx hidup.,

    ReplyDelete
  56. Gan nanya dong cb150 r saya kalo mesin nyala ad kayak bunyi sirine gk berwnti2 itu dri apa ya

    ReplyDelete
  57. Gan cb150r old saya dengung fuelpump nya ga ada awal di nyalain .. sudah cek tegangan di soket nya ada ..tp fuelpump ga nyala ..sudah pake dua fuelpump ttp gtu ..kira2 apanya dan solusinya ..makasih

    ReplyDelete